Apakah benar Muhammad Al Fatih rohimahullah seorang penganut Maturidi sufi?
(Benarkah Aqidah maturidi dipuji Nabi)
Jika dikatakan penganut Asy'ari maturidi maka yang kita butuhkan adalah dalil shahih akan hal itu, baik dari Qur'an atau sunnah, ataupun tafsir tentangnya, namun itu tidak ada.
Adapun Sabda nabi sholallahualaihiwasallam
(لتفتحن القسطنطينية ولنعم الأمير أميرها، ولنعم الجيش ذلك الجيش) أخرجه احمد في المسند
Sungguh akan dibuka/ditaklukkan kota Konstantinopel dan sebaik baik amir adalah amir yang memimpin dan sebaliknya baik tentara adalah tentara itu, HR Ahmad
Diketahui amir Penaklukan itu muhammad al fatih rohimahullah, bermazhab hanafi, aqidah maturidi, aliran sufi, ini dalil maturidi termasuk manhaj salaf yang dipuji Nabi.
Maka jawabannya, ada beberapa sisi
1 Hadits diatas bersanad dhoif, tidak dikenalnya Abdullah bin bisyr al-khots'ami, hanya al Walid bin mughiroh al mua'afari sendiri yang meriwayatkan dan tidak dikenal ketsiqohan nya selain dari ibnu hibban
Hadits diatas didhoifkan oleh Al arnauth dan Al Albani
2 Maturidi dikenal tidak mengambil dan menjadikan hadits ahad dan perkara aqidah, alangkah ajaibnya jika mereka justru mengklaim dan berpegang dengan hadits ini sebagai pembenaran aqidah maturidi mereka.
3 Muhammad Al fatih tidak dikenal sebagai ulama ahlul ilmi, beliau seperti kebanyakan orang awam dalam mempelajari aqidah maturidiyah, maka beliau termasuk orang awam secara mutlak yang secara fitrah manusia yang lurus. Kebanyakan orang awam asy'ariyah tidak mengenal secara mendetail dan rinci tentang aqidah tersebut, maka secara hakikat mereka adalah ahlusunnah karena mengikuti fitroh manusia yang lurus.
4 Hadits diatas bukan pujian untuk aqidah melainkan pujian perorangan, karena kita ketahui Muhammad Al Fatih adalah Raja adil, sholeh sehingga pemerintahnya barokah. Pujian pada seseorang tidak melazimkan benarnya suatu aqidah secara mutlak.
5 merupakan kontradiksi keyakinan asy'ariyah dan maturidiyah bahwa sebagian mereka mengkafirkan Yazid bin Muawiyah rodhiallahu'anhuma,
karena kita tahu mereka berpegang hadits nabi sholallahualaihiwasallam satu tapi tidak berpegang dengan hadits yang lain.
Dalam hadits
((أول جيش يغزو القسطنطينية مغفور له))
Pasukan pertama yang menyerang Konstantinopel mendapat ampunan Allah
Dan hadits shahih riwayat bukhori
(أول جيش من أمتي يغزون البحر قد أوجبوا). قالت أم حرام قلت يا رسول الله أنا فيهم؟ قال (أنت فيهم). ثم قال النبي صلى الله عليه وسلم (أول جيش من أمتي يغزون مدينة قيصر مغفور لهم).
(Tentara pertama dari kaumku menyerang laut adalah mereka diterima masuk surga). Umm haram berkata, wahai Rasulullah, apakah aku termasuk di antara mereka? Dia berkata (Kamu termasuk di antara mereka). Kemudian Nabi berkata: "Tentara pertama bangsa saya untuk menyerang kota Kisra (Persia) diampuni."
Sedangkan kita ketahui bahwa pasukan pertama itu diketuai Yazid bin mu'awiyah maka apa kata mereka asy'ariyah maturidiyah ??? Khususnya hadits ini riwayat bukhori dan para imam hadits lain yang kuat riwayatnya dari hadits dhoif diatas pegangan mereka
6 Penaklukan Konstantinopel yang dimaksud dalam banyak dihadits adalah Penaklukan di akhir zaman, dan itu belum terjadi sampai hari ini.
Sebagaimana dalam hadits muadz bin jabal dan Abdullah bin basyar rodhiallahanhuma, bahwa dalam Penaklukan itu tidak dengan perang tapi dengan tasbih tahlil dan takbir tidak dengan jumlah banyak, juga disebutkan dalam hadits lainnya, Penaklukan itu oleh oran Arab dan bukan bangsa Turki, sesuai riwayat Amru bin Auf rodhiallahanhu
«ثم يخرج إليهم روقة المسلمين أهل الحجاز، الذين لا تأخذهم في الله لومة لائم، حتى يفتح الله عليهم قسطنطينية، ورومية بالتسبيح، والتكبير»
((“Kemudian akan keluar umat Islam Hijaz kepada mereka, yang tidak akan diambil oleh si pencela karena Allah, sampai Allah menaklukkan Konstantinopel dan Roma dengan tasbih dan takbir.”))
Dalam riwayat muslim, hadits Abu Hurairah rodhiallahu'anhu
«فيخرج إليهم جيش من المدينة من خيار أهل الأرض يومئذ» .
(("Dan pasukan dari madinah yang terbaik dari orang-orang di bumi akan keluar untuk mereka pada hari itu."))
Dan dalam hadits Abdullah bin Amr, semoga Allah meridhoi mereka berdua:
ويستمد المسلمون بعضهم بعضًا حتى يمدهم أهل عدن أبين».
((“Kaum Muslimin saling menarik satu sama lain sampai penduduk Eden memasok mereka ke Abyan.”))
Dan dalam hadits zhi Makhmar, semoga Allah meridhoinya:
«أن الروم يقولون لصاحبهم: كفيناك حد العرب، ثم يغدرون ويجتمعون للملحمة»
“Orang-orang Romawi berkata kepada rekan mereka: Batas orang-orang Arab sudah cukup bagimu, kemudian mereka berkhianat dan berkumpul untuk perang.”
Ini menunjukkan bahwa malhamah kubro adalah antara orang-orang Arab dan Romawi, dan mereka yang memulai pertempuran dalam malhamah kubro adalah orang-orang yang menaklukkan Konstantinopel, dan komandan tentara yang membukanya di akhir zaman ketika dajjal keluar. adalah komandan yang terpuji dan pasukan terpuji ; Hal ini juga disampaikan dalam hadits Abdullah bin Bishr al-Khathami dari ayahnya – rodhiallahu anhu dengan dia – dan itu disajikan dalam hadits Abu Huraira – rodhiallahu anhu dengan dia – yang al-Khatib diriwayatkan dalam “Al-Mutafaq wa Al-Mafraq”: “Panglima tentara pada waktu itu berasal dari keluarga Nabi, sholallahualaihiwasallam
Yang dimaksud di sini adalah peringatan bahwa penaklukan yang disebutkan dalam hadits bab ini belum terjadi sejauh ini, dan itu akan terjadi pada akhir zaman ketika Dajjal akan muncul. Adapun yang membawa maksud hadits diatas dalam kejadian tahun 857 maka Dia membuat kesalahan dan tidak dibebankan apa yang tidak dia ketahui /tidak berilmu tentangnya.
Anggapan bahwa yang dimaksud dengan penaklukan yang disebutkan dalam hadits-hadits adalah penaklukan terhadap pemimpin Muhammad al-Fatih - semoga Allah merahmatinya - bukanlah bukti benarnya mazhab asy'ariyah atau Sufi. Pujian untuk seseorang tidak melazimkan pujian mutlak baginya, dan bahwa semua urusannya adalah benar - dengan asumsi bahwa hadits itu shahih, jika tidak maka itu lemah seperti yang disebutkan di atas -
Dalam hembusan angin siang medoho 101021:10.01
Saudaramu yang mengharapkan ampunan
Abu Fateemah assidawy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar