Sabtu, 03 Desember 2022

Fakta sejarah Asy'ariyyah

 Fakta sejarah Asy'ariyyah 


Fakta sejarah di tahun 433H zaman Abbasiyah, aqidah asy'ariyah ajaran yang dibenci dan terlarang di tengah kaum muslimin, yang waktu itu memeluk aqidah salaf selama ratusan tahun sejak zaman nabi dan sahabat sampai Abbasiyah. 


Fakta sejarah ditulis ulama ahli sejarah Ibnu katsir. Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan:

قال البيهقي: ولم يكن في الخلفاء قبله من بني أمية وبني العباس خليفة إلا على مذهب السلف ومنهاجهم

“Al-Baihaqi berkata: “Tidak ada satu khalifah pun sebelum al-Makmun dari kalangan Daulah Umayyah dan Daulah Abbasiyah kecuali berada di atas Madzhab dan Manhaj Salaf.” (Al-Bidayah wan Nihayah: 10/365)..

Fakta berikutnya oleh khotib baghdadi. Al-Imam Abu Bakar al-Khathib al-Baghdadi rahimahullah menyatakan:


وعرف بها عند كل أحد مع حسن المذهب وصحة الاعتقاد وكان صنف كتابا في الأصول ذكر فيه فضائل الصحابة على ترتيب مذهب أصحاب الحديث


“Al-Qadir billah dikenal oleh setiap orang dengan banyaknya amal shalih disertai madzhab yang baik dan kesahihan akidah. Beliau juga menulis sebuah kitab tentang ‘Ushul’. Beliau menerangkan keutamaan para sahabat dalam kitab tersebut menurut urutan Madzhab Ahlul Hadits…dst.” (Tarikh Baghdad: 4/37).


Di antara akidah Khalifah al-Qadir billah yang pernah dibacakan di hadapan para ulama di Baghdad adalah:


وأنه خلق العرش لا لحاجة واستوى عليه كيف شاء لا استواء راحة وكل صفة وصف بها نفسه أو وصفه بها رسوله فهي صفة حقيقة لا صفة مجاز وكلام الله غير مخلوق أنزله على رسوله


“Dan bahwa Allah menciptakan Arsy bukan karena kebutuhan. Allah bersemayam di atasnya dengan tatacara yang dikehendaki-Nya, bukan bersemayam untuk beristirahat. Setiap sifat yang mana Allah menyifati diri-Nya dengan sifat tersebut, atau disifati oleh Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam, maka itu merupakan sifat yang hakiki bukan sifat majazi. Firman Allah bukanlah makhluk, diturunkan oleh-Nya kepada rasul-Nya.” (Al-Uluw lil Aliyyil Ghaffar: 245).


Fakta sejarah, pengganti Abul Hasan Al-Asya’ri setelah menjnggal, Al Baqilani sangat takut dengan tokoh ulama Syafi'iyah di zamannya Abu Hamid Al Isfarayni. 


Al-Imam Abu Ishaq asy-Syairazi asy-Syafi’i berkata:

كان أبو بكر الباقلاني يخرج إلى الحمام مبرقعا خوفا من الشيخ أبي حامد الإسفرائيني

“Adalah Abu Bakar al-Baqilani keluar menuju tempat pemandian dengan memakai cadar karena takut terhadap asy-Syaikh Abu Hamid al-Isfarayni.” (Al-Aqidah al-Ishfahaniyah: 59).


Dahulu pun Abul Hasan Al-Asya’ri masih hidup pernah menghadap tokoh ulama syafiiyah zamannya Al Barbahari untuk meminta legitimasi bahwa ia bertaubat dari mu'tazilah, mencoba mendekat mu'tazilah dengan pemikiran barunya, namun al Barbahari enggan menerimanya. Abu Abdillah al-Hamrani berkata:


لما دخل الأشعري إلى بغداد جاء إلى البربهاري فجعل يقول: رددت على الجبائي وعلى أبي هاشم ونقضت عليهم وعلى اليهود والنصارى والمجوس وقلت لهم وقالوا وأكثر الكلام في ذلك فلما سكت قال البربهاري: ما أدري مما قلت قليلاً ولا كثيراً ولا نعرف إلا ما قاله أبو عبد الله أحمد بن حنبل قال: فخرج من عنده وصنف كتاب ” الإبانة ” فلم يقبله منه ولم يظهر ببغداد إلى أن خرج منها


“Ketika Abul Hasan al-Asy’ari memasuki Baghdad, beliau mendatangi al-Imam al-Barbahari (wafat tahun 328 H). Beliau mengatakan: “Aku telah membantah al-Juba’i dan Abu Hasyim. Aku telah membantah mereka. Aku juga telah membantah Yahudi, Nasrani dan Majusi. Aku berkata kepada mereka demikian dan demikian…dst. Ketika beliau diam, maka giliran al-Imam al-Barbahari berkata: “Aku tidak mengenal pendapatmu sedikit ataupun banyak kecuali pendapat al-Imam Ahmad bin Hanbal.” Al-Hamrani berkata: “Kemudian Abul Hasan al-Asy’ari keluar dari majelis al-Barbahari dan menulis kitab ‘al-Ibanah an Ushulid Diyanah’. Al-Barbahari masih tidak mau menerimanya. Beliau tidak muncul di Baghdad sampai kemudian keluar dari Baghdad.” (Thabaqat al-Hanabilah li Ibni Abi Ya’la: 2/16, al-Maqshadul Arsyad li Ibni Muflih: 1/329, Siyar A’lamin Nubala’: 15/90 dan al-Wafi bil Wafayat lish Shafadi: 4/173).

Didalam tubuh Syafi'iyah sendiri banyak ulama mencela asy'ariyah bahkan menyesatkan dan mengkafirkan. 

Fakta sejarah membuktikan adanya kitab tulisan ulama yang Menyesatkan asy'ariyah dan mengumpulkan daftar ulama yang mencela sampai mengkafirkan asy'ariyah. Ditulis oleh Syaikhul-Islam Abu Ismail Al-Harawi dalam kitabnya Dzammul-Kalãm wa Ahlih. 

Asy'ariyah baru terkenal sejak era Alip Arsalan menjadi Raja penguasa Abbasiyah dan perdana menteri Nizham mendirikan banyak madrasah, dimana hanya ajaran Asy'ariyah yang boleh diajarkan dan melarang ajaran salaf. Menyeru semua mazhab menerima asy'ariyah namun hanya Hambali yang menolak. 

Itulah kenapa semua mazhab semua kecuali Hambali, menerima asy'ariyah sebagai akidah. Didalam tubuh syafiiyah sendiri terjadi banyak pertentangan, ulama yang kasihan memegang salaf kemudian dijuluki Hambali, walaupun ia syafi'i tulen.

Al-Hafizh as-Suyuthi rahimahullah menyatakan:

قال الذهبى وهو أول من ذكر بالسلطان على منابر بغداد وبلغ ما لم يبلغه أحد من الملوك وافتتح بلادا كثيرة من بلاد النصارى واستوزر نظام الملك فأبطل ما كان عليه الوزير قبله عميد الملك من سب الشعرية وانتصر للشافعية واكرم إمام الحرمين وأبا القاسم القشيرى وبنى النظامية قيل وهى اول مدرسة بنيت للفقهاء

“Adz-Dzahabi berkata: “Dia (Alib Arsalan) adalah orang yang pertama kali disebut sebagai sultan di atas mimbar-mimbar Baghdad. Kekuasaan beliau mencapai luas wilayah yang belum pernah dicapai oleh raja-raja selain beliau. Beliau menaklukkan banyak negeri nasrani dan mengangkat Nizhamul Mulk sebagai menteri. Maka Nizhamul Mulk menghapus kebijakan yang dilakukan oleh menteri sebelumnya, Amidul Mulk, seperti mencela Madzhab Asy’ariyah. Ia juga membela ulama Syafi’iyah dan memuliakan Imamul Haramain dan Abul Qasim al-Qusyairi. Ia juga membangun Madrasah Nizhamiyah. Dikatakan bahwa Nizhamiyah merupakan madrasah yang pertama kali dibangun untuk para ahli fikih.” (Tarikhul Khulafa’: 1/416).


Al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata:

وهو أول من بنى المدارس في الإسلام، بنى نظامية بغداد، ونظامية نيسابور، ونظامية طوس، ونظامية إصبهان

Ia (wazir atau menteri Nizhamul Mulk, pen) adalah orang yang pertama kali membangun madrasah di dalam Islam. Ia membangun madrasah Nizhamiyah Baghdad, Nizhamiyah Naisabur, Nizhamiyah Thus dan Nizhamiyah Isbahan.” (Tarikhul Islam lidz Dzahabi: 33/146).


Ali bin Nayef menyatakan:

كان اهتمام المدارس النظامية قد انصرف إلى التركيز على مادتين أساسيتين هما : الفقه على المذهب الشافعي، وأصول العقيدة على مذهب الأشعري

“Madrasah-madrasah Nizhamiyah mempunyai kepentingan untuk berdiri di atas 2 pondasi, yaitu: fikih di atas Madzhab Syafi’i dan dasar-dasar akidah di atas Madzhab Asy’ariyah..dst.” (Mausu’ah al-Buhuts wal Maqalat al-Ilmiyah: Bab al-Madaris an-Nizhamiyah fi Daulatis Salajiqah hal: 6).


Bacaan lain 

Ulama Syafi'iyah mutaqodimin melawan asy'ariyah https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/08/ulama-syafiiyah-abtara-atsari-dan-asyari.html

Ijma ulama 4 mazhab tentang sifat Allâh terutama al uluw dan istiwa https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/08/ijma-ulama-mazhab-itsbat-sifat-al-uluw.html

Ijma salaf sahabat, Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in tentang sifat https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/08/ijma-ulama-sejak-sahabat-tentang.html

Kumpulan qoul sahabat sampai Tabi'ut Tabi'in tentang sifat https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/08/perkataan-as-salaf-dan-ahlul-ilmi-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar