Selasa, 05 Agustus 2014

Perincian tafsir ibnu abbas rodhiallahu anhuma dalam ayat ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون

Perincian tafsir ibnu abbas rodhiallahu anhuma dalam ayat
ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون

1 Dalam tafsir imam abdurrozaq ash-shon'ani, sebagaimana dalam tafsir ibnu katsir 2/97, ibnu abbas berkata,
حي به كفر
Padanya ada kekufuran

Didalam jami'ul bayan oleh at-tobari, melengkapi keterangan seluruhnya dari ibnu abbas, dari penjelasan Ibnu thowus berkata,
وليس كمن كفر بالله والملائكته وكتبه ورسله
Dan bukan seperti kafir terhadap allah, kitab2nya,  rosul2nya.

Sanadnya sahih

2 Dalam jami'ul bayan at-tobari 6/265, berkata ibnu abbas
حي به كفر، وليس كمن كفر بالله والملائكته وكتبه ورسله
Padanya ada kekufuran, dan bukan seperti kafir terhadap allah, kitab2nya,  rosul2nya.

Dan dalam riwayat at-tobari 265/6, berkata ibnu abbas
اذا فعل ذالك، فهو به كفر، وليس كمن كفر بالله واليوم الاخر، وبكذا وكذا
Jika demikian, maka dia berbuat kufur tapi bukan seperti kafir pada allah, hari akhir, dan dengan ini itu.

Sanadnya hasan

3 Berkata al hafidz ibnu nasr dalam ta'dzim qodar  as-sholat no 573, ibnu abbas berkata
كفر لا ينقل عن الملة
Kufur tapi tidak keluar dari al millah (islam)

Sanadnya hasan

4 berkata imam ibnu abil hatim dalam tafsirnya, sebagaimana dalam tafsir ibnu katsir 2/97, ibnu abbas berkata
ليس بالكفر الذى يذهبون اليه
Bukanlah menjadi kafir yang mengeluarkan darinya (islam)

Sanadnya hasan

5 Al hakim dalam al mustadraknya 2/313/,  meriwayatkan atsar lainnya, juga al baihaqi dalam sunan al kubro 8/20, dari jalan ali bin harb, dari sufyan dgn lafadznya,  ibnu abbas berkata
انه ليس بالكفر الذى يذهبون اليه، انه ليس كفر ينقل عن الملة،( ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون )، كفر دون كفر
Maksudnya bukanlah kekafiran yang mengeluarkannya darinya (islam), bukanlah kekafiran yang mengeluarkannya dari al millah (islam), ((dan siapa yang tidak berhukum dengan hukum allah,maka mereka termasuk orang orang kafir)), maksudnya kufur dibawah kekafiran.

Dari jalan said bin mansur, dan al firbabi, dan ibnul mundzir, dan ibnu abi hatim ada tambahan
... وظلم دون ظلم، وفسق دون فسق
Dan dzolim dibawah dibawah kedzoliman, dan fasiq dibawah kefasiqan

Sanadnya sahih

6 berkata imam ibnu jarir dalam tafsirnya 6/265  ibnu abbas berkata
من جحد ما انزل الله، فقد كفر، و من اقر به ولم يحكم فهو ظالم فاسق
Dan barang siapa yang ingkar dengan apa yang diturunkan allah, maka kafir, dan barang siapa mengikrarkannya dan tidak berhukum maka dia dzolim fasiq.

7 dalam addur al-mantsur 3/88, ibnu mundzir berkata, ibnu abbas berkata
نعمة قوم انتم، ان كان ما كان فى حلو، فهو لكم، وما كان من مر، فهو لاهل كتاب، كانه يرى ان ذالك ليس فى المسلمين : ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون
Sebaik nikmat suatu kaum adalah kalian, jika ia ada dalam keindahan maka itu untuk kalian, dan jika ada dalam kejelekan maka ia untuk ahlul kitab, seperti yang kalian lihat  bahwa ia bukan untuk muslimin, ((dan siapa yang tidak berhukum dengan hukun allah, maka ia kafir))

Sanad terkait dengan sanad lain yang perawinya tsiqoh.

8 Dalam addur al-mantsur 3/83, ibnu abbas berkata
انما نزل الله :  ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون، والظالمون، والفاسقون، هى اليهود الخاصه
Sesungguhnya allah menurunkan ayat : (dan siapa yang tidak berhukum dengan hukum allah,maka mereka termasuk orang orang kafir, juga orang orang dzolim, juga orang orang fasiq), maka itu untuk orang yahudi saja.

Dalam riwayat muslim no 1700, dan sunan abi dawud no 4448 dan musnad imam ahmad no 286/4
هى فى الكفار كلها
Ia semuanya untuk orang kafir saja.

http://alhalaby.com/play.php?catsmktba=3310

Tidak ada komentar:

Posting Komentar