Kamis, 15 Agustus 2019

DAGING SAPI ADALAH PENYAKIT?


DAGING SAPI ADALAH PENYAKIT?

Lalu bagaimana dengan nasib rendang, sate daging sapi, soto daging sapi, empal, dendeng dll?

Ini dia haditsnya:
عَنْ بْنِ مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «عَلَيْكُمْ بِأَلْبَانِ الْبَقَرِ وَسُمْنَانِهَا، وَإِيَّاكُمْ وَلُحُومَهَا فَإِنَّ أَلْبَانَهَا وَسُمْنَانُهَا دَوَاءٌ وَشِفَاءٌ وَلُحُومُهَا دَاءٌ»
Dari ibnu Mas’ud, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau besabda, “Hendaklah kalian biasa minum susu sapi dan lemaknya. Hindarilah mengkonsumsi daging sapi, karena susu dan lemaknya merupakan obat dan dagingnya merupakan penyakit. (Al-Hakim, 8232, Al-Albany menshahihkannya dalam Shahihul-Jami’, 4060).
Dan yang lebih penting lagi, cukup banyak daging sapi saat Idul-Qurban. Terus piye.
****
سئل الشيخ الالباني - رحمه الله - في سلسلة الهدى والنور شريط رقم (389) :
السائل : ألبان البقر دواء، ولحومها داء، فكيف التوفيق بينه وبين كون البقر يجوز أن يكون هديا، لأن الشريعة لا يمكن أن تكون يهدى بضار ؟.
الشيخ : (( نعم؛ لقد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم في حجة الوداع أنه ضحى لنسائه بالبقر، وصح أيضا أمره - صلى الله عليه وآله وسلم - أمره بسمنان البقر ونهيه عن لحومها، فإن سمنانها دواء ولحومها داء، لقد وفق العلماء بين هذا الحديث وبين حديث تضحيته - صلى الله عليه وآله وسلم - بالبقر عن نسائه أن المقصود حينما نهى عن لحوم البقر إنما هو الإكثار منها، أما إذا أكل منها احيانا فلا ضير في ذلك ولا ضرر، وهو بلا شك جائز لأن المقصود بالنهي عن لحوم البقر إنما هو الإكثار منها والإستعاضة بها عن لحوم الغنم والمعز والإبل. هذا هو
جواب العلماء )) .
Soal : apa maksud Hadits
Lemak sapi obat, dagingnya penyakit, Bagaimana mengetahui ini dan riwayat menjadikan daging sapi sebagai hadiah, karena syariat tidak mungkin memberi petunjuk yang salah

Jawab : Na'am, bahwa shahih Hadits yang mengabarkan nabi pada haji wada berkorban untuk istrinya sapi, juga shahih juga perintahnya tentang lemak dan larangan nya tentang daging, bahwa lemaknya obat dan dagingnya mengandung penyakit, Para ulama telah menshahihkan Hadits ini juga Hadits penyembelihan untuk istrinya.

Maksud Hadits ini ketika beliau melarang jika terlalu banyak, adapun jika jarang jarang makanan tidak mengapa dan tidak memberi keburukan. Hadits ini tanpa ragu lagi boleh maksud melarang agar janganlah terlalu banyak memakan daging sapi, dan boleh berkurban (udhiyyah) dengannya termasuk domba, kambing, unta, inilah jawaban para ulama
https://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=44077

*****
صدر تصحيح من الشيخ الألباني لحديث «لحم البقر داء» والحديث لم يصححه جمهور المحدثين .
فإن الله تعالى في موضعين من كتابه أباح لحم البقر وامتن به على الناس فكيف يكون داء؟.
في سورة الأنعام يقول «ومن الأنعام حمولة وفرشا كلوا مما رزقكم الله ولا تتبعوا خطوات الشيطان إنه لكم عدو مبين» ثم يفصل ما أباح أكله فيقول: «ثمانية أزواج من الضأن اثنين ومن المعز اثنين» ثم يقول: «ومن الإبل اثنين ومن البقر اثنين…» فأين موضع الداء في هذه اللحوم المباحة على سواء؟.
وفي سورة الحج يقول «والبدن جعلناها لكم من شعائر الله، لكم فيها خير، فاذكروا اسم الله عليها صواف، فإذا وجبت جنوبها فكلوا منها وأطعموا القانع والمعتر، كذلك سخرناها لكم لعلكم تشكرون».
والبدن هي الإبل والبقر والجاموس! فأين الداء فيها؟.
ويقول الشيخ سليمان بن ناصر العلوان من علماء المملكة العربية السعودية :
هذا الخبر جاء بأسانيد منكرة عند الطبراني في المعجم الكبير والحاكم في المستدرك
و رواه أبو داود في المراسيل من طريق زهير بن معاوية حدثتني امرأة من أهلي عن مليكة بنت عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم .
وهذا مرسل ضعيف .
ولم يثبت في النهي عن لحم البقر شيء .
وقد أحل الله لعباده لحم البقر وامتن به عليهم فمن المحال أن يمتن الله على عباده بما هو داء وضرر عليهم قال تعالى { ومن الإبل اثنين ومن البقر اثنين } .
وفي الصحيحين عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم ضحى عن نسائه بالبقر )) .

ولو كان لحمها داء لما جاز التقرب به لله فالذي يجب القطع به أن هذا الأثر باطل وليس لتصحيحه وجه معتبر وقد أجاد ابن الجوزي في قوله ( فكل حديث رأيته يخالف المعقول أو يناقض الأصول فاعلم أنه موضوع فلا تتكلف اعتباره )
*****
Hadits Hindarilah mengkonsumsi daging sapi, karena susu dan lemaknya merupakan obat dan dagingnya merupakan penyakit,
dinilai juga oleh sebagian ulama sebagai Hadits lemah, tapi ternyata syawahidnya (riwayat yang serupa) ada yang shahih. Juga sisi matan nampak bertolak belakang dengan ayat 

قال تعالى { ومن الإبل اثنين ومن البقر اثنين } .
Namun maksudnya bukan larangan halal haram, tapi sunnah atau makruh tanzih secara makna.


Al Albani rohimahullah sempat membahasnya dalam Silsilah Ash Shohihah, riwayat yang mengabarkannya banyak, ada yang dhoif juga shahih, riwayat dari thobroni dalam mu'jam al kabir memang lemah tapi mempunyai syahid yang shahih, maka dari sisi riwayat bisa terangkat ke shahih atau hasan. Untuk Selengkapnya bisa dilihat disini https://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=44077

Adapun sisi matan nampak bertolak belakang makna Hadits dengan ayat tapi bisa dijamak (dikompromikan) secara makna, sebab betapa banyak riwayat dalam perkara perkara lain nampak bertolak belakang tapi bisa dijamak maksudnya oleh para ulama.

Misal cara kencing nabi, apakah duduk atau berdiri? Ada Hadits yang melarang.
Diriwayatkan dari ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

مَنْ حَدَّثَكُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَالَ قَائِمًا فَلَا تُصَدِّقُوهُ؛ مَا كَانَ يَبُولُ إِلَّا جَالِسًا

“Siapa saja yang mengabarkan kepada kalian bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam buang air kecil sambil berdiri, janganlah kalian benarkan. Beliau tidaklah buang air kecil kecuali sambil duduk.” (HR. An-Nasa’i no. 29, At-Tirmidzi no. 12 dan Ibnu Majah no. 307, shahih)

Akan tetapi, jika terdapat kebutuhan (hajat) untuk buang air kecil sambil berdiri, maka diperbolehkan. Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu,

رَأَيْتُنِي أَنَا وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَتَمَاشَى، فَأَتَى سُبَاطَةَ قَوْمٍ خَلْفَ حَائِطٍ، فَقَامَ كَمَا يَقُومُ أَحَدُكُمْ، فَبَالَ، فَانْتَبَذْتُ مِنْهُ، فَأَشَارَ إِلَيَّ فَجِئْتُهُ، فَقُمْتُ عِنْدَ عَقِبِهِ حَتَّى فَرَغَ

“Aku ingat ketika aku berjalan-jalan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau lalu mendatangi tempat pembuangan sampah suatu kaum di balik tembok dan buang air kecil sambil berdiri sebagaimana kalian berdiri. Aku lalu menjauh dari beliau, namun beliau memberi isyarat kepadaku agar aku mendekat. Aku pun mendekat dan berdiri di belakang beliau hingga beliau selesai.” (HR. Bukhari no. 225 dan Muslim no. 273)

Maka para ulama mengkompromikan maknanya, kencing sunnahnya duduk boleh karena ada hajat dan hukumnya makruh.
Begitu pula cara Makan, apakah boleh berdiri atau harus duduk?? Ada Hadits yang seperti kontradiktif.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa
 sallam sungguh melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim no. 2024).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ

“Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim no. 2026

Akan tetapi, nabi sholallahu alaihi wa sallam pernah melakukan sambil berdiri.
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma berkata,

سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَمْزَمَ فَشَرِبَ قَائِمًا

Aku memberi minum kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637 dan Muslim no. 2027)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu anhuma, ia berkata,

كُنَّا نَأْكُلُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَنَحْنُ نَمْشِى وَنَشْرَبُ وَنَحْنُ قِيَامٌ

Kami dahulu pernah 
akan di masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.” (HR. Tirmidzi no. 1880 dan Ibnu Majah no. 3301. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Dalil ini bahkan menyatakan makan sambil. berjalan

Ibnu Hajar dan An Nawawi mengatakan hukumnya makruh tanzih (makruh yang tidak sampai haram)

Wallahu a’lam
Medoho, di keheningan malam tujuh belasan 2019
Abu fatimah assidawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar