Minggu, 09 Agustus 2020

Arsy kosong?

Idrus Ramli dimarahi Abdullah bin Mubarok (tabi'in)


Idrus Ramli dalam sebuah wawancara mengatakan : Kalau zat Allah turun di 1/3 malam, berarti arsy kosong. Terus waktu ikut mana, dst


(menunjukan kebodohan dan kedunguannya, dikira Allâh tidak bisa berkendak apa saja yang ingin dikehendaki. Allah maha kuasa, sangat bisa melakukan apa saja, yang tidak terbetik dalam pikiran manusia)


diriwayatkan oleh imam Ash-Shabuni bahwa Abdulah bin Salam pernah bertanya kepada Abdullah bin Mubarak: Apakah benar Allah turun pada malam nisfhu Sya’ban?. Abdullah bin Mubarak menjawab: “Wahai orang yang dlaif (lemah), Allah turun pada setiap malam!” 


Seseorang yang hadir ketika itu bertanya: “Wahai Abu Abdurrahman (Ibnul Mubarak), bagaimana turunnya, bukankah nanti ’Arsy-Nya kosong?”


Abdullah bin Mubarak menjawab: “Allah turun sebagaimana dikehendaki-Nya!!” Dalam riwayat lain Abdullah bin Mubarak marah dan berkata: “Jika datang kepadamu hadits dari Rasulullah , maka tunduklah!”. (Aqidatus Salaf ash habul Hadits, Imam Ash-Shabuni)


Catatan : ini menunjukan ajaran Asy'ari beda dengan pemahaman sahabat, Tabi'in, tabi'ut tabi'in generasi terbaik salaful ummah dijamin surga oleh nabi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar