Selasa, 18 Agustus 2020

Ciri Jahmiyah yang dikafir sesatkan ulama

 Ciri Jahmiyah yang dikafir- sesatkan ulama 


1 Suka mengolok olok Allâh di atas arsy diatas langit


قال الإمام عبدالرحمن بن مهدي  ت 198 هـ  : أن الجهمية أرادوا أن ينفوا أن يكون الله كلم موسى , وأن يكون على العرش , أرى أن يستتابوا فإن تابوا وإلا ضربت أعناقهم . أخرجه الذهبي في العلو وقال نقله غير واحد بإسناد صحيح.

Berkata Imam Abdurrahman bin mahdi, sesungguhnya Jahmiyah ingin menafikan adanya Allah berkata dengan Musa, juga adanya Allah di arsy, Saya melihat bahwa jika mereka bertobat (maka diampuni dengan taubatnya), jika tidak, kepala mereka akan ditebas. 


الامام عاصم بن علي – شيخ الإمام البخاري – ت ( 221 هـ ) . قال رحمه الله : ناظرت جهماً فتبين من كلامه أنه لا يؤمن أن في السماء رباً . كتاب العلو

Imam ashim bin Ali rohimahullah (guru al Bukhori) berkata saya melihat Jahmiyah dengan jelas lewat perkataannya bahwa ia tidak beriman Allâh yang di atas langit 


الامام القعنبي  ت 221 هـ  . قال بنان بن أحمد كنا عند القعنبي رحمه الله فسمع رجلاً من الجهمية يقول : ( الرحمن على العرش استوى ) فقال القعنبي من لا يوقن أن الرحمن على العرش استوى كما يقر في قلوب العامة فهو جهمي . كتاب العلو للذهبي

Imam Al qo'nabi berkata 

Banan bin Ahmad disisi al qo'nabi rohimahullah seperti mendengar orang dari kalangan Jahmiyah, lalu berkata : (Allah arrohman istiwa di arsy) maka berkata Al qo'nabi siapa saja yang TIDAK meyakini bahwa Allâh arrohman istiwa di arsy seperti yang diyakini kebanyakan orang, maka dia pengikut Jahmiyah



2 Menuduh sunni dengan tuduhan mujassimah musyabbihah


Abu Haatim Ar-Raaziy rahimahullah berkata:


وَعَلامَةُ أَهْلِ الْبِدَعِ الْوَقِيعَةُ فِي أَهْلِ الأَثَرِ، وَعَلامَةُ الزَّنَادِقَةِ تَسْمِيَتُهُمْ أَهْلَ السُّنَّةِ حَشْوِيَّةً يُرِيدُونَ إِبْطَالَ الآثَارِ. وَعَلامَةُ الْجَهْمِيَّةِ تَسْمِيَتُهُمْ أَهْلَ السُّنَّةِ مُشَبِّهَةً......


“Tanda Ahlul-Bida’ adalah mencela Ahlul-Atsar. Tanda orang-orang Zanaadiqah adalah penamaan mereka terhadap Ahlus-Sunnah sebagai Hasyawiyyah karena mereka ingin membatalkan atsar-atsar. Tanda orang-orang Jahmiyyah adalah penamaan mereka terhadap Ahlus-Sunnah dengan Musyabbihah.....” [Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad no. 321]


3 Pembahasan seputar Allah tidak ada di langit


Abdurrahman bin Abi Hatim berkata, 

الجهمية فقال هم شر قولا من اليهود والنصارى قد إجتمع اليهود والنصارى وأهل الأديان مع المسلمين على أن الله عزوجل على العرش وقالوا هم ليس على شيء

“Jahmiyah lebih jelek dari Yahudi dan Nashrani. Telah diketahui bahwa Yahudi dan Nashrani serta agama lainnya bersama kaum muslimin bersepakat bahwa Allah ‘azza wa jalla menetap tinggi di atas ‘Arsy. Sedangkan Jahmiyah, mereka katakan bahwa Allah tidak di atas sesuatu pun.”


الامام جرير الضبي محدث الري  ت 188 هـ  قال جرير بن عبدالحميد رحمه الله : كلام الجهمية أوله عسل وآخره سم وإنما يحاولون أن يقولوا ليس في السماء إله . أخرجه الذهبي في العلو بسند جيد  .

Berkata Imam Jarir Adh Dhobi, berkata Jarir bin Abdul hamid, pendapat Jahmiyah awalnya seperti madu akhirnya seperti racun, ia hanya berputar putar (pembahasan) tuhan tidak ada di langit, 



4 Meyakini Allah di bumi, dimana mana, berdalil ayat ma'iyah


أخرجه الذهبي في السير وإسناده صحيح  .

قلت : كان الجهمية الاوائل يقولون ان الله في كل مكان - تعالى الله عن ذلك علوّا كبيرا - و يستدلون بآيات المعية !! فلما سُئل الامام الثوري اجاب بأن المعية هنا بالعلم , و الامام الثوري يقر بأن الله فوق عرشه قطعا كما نقل ذلك الامام السجزي حيث قال : ( وأئمتنا كالثوري ومالك وابن عيينة وحماد بن زيد والفضيل وأحمد وإسحاق متفقون على أن الله فوق العرش بذاته وأن علمه بكل مكان ) الابانة للسجزي  


Dikeluarkan Adz dzahabi dalam As Siyar dengan sanad shahih beliau berkata : Jahmiyah awal mereka mengatakan sesungguhnya Allah dimana mana, berdalil dengan ayat ma'iyah !! ((ayat tentang Allah bersama mu dimana saja berada)) 


Imam Sufyan Ats tsauri ketika ditanya perkara ini menjawab ayat ma'iyah itu disisi kami (murid para tabi'in) artinya Ilmu-Nya, 


beliau juga sepakat bahwa Allah diatas arsy Nya, sebagaimana dinukil demikian oleh Imam As Sajzi yang berkata (para imam kami seperti (Sufyan) Ats Tsauri, Malik (bin anas), (Sufyan) Ibnu Uyainah, Hamad bin Zaid, Fudhail (bin Iyyadh), Ahmad (bin hambal), ishaq (bin rahawaih) sepakat bahwa zat Allah diatas arsy sedangkan ilmu Nya dimana mana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar