Selasa, 04 Agustus 2020

Atsar sahabat bahwa Allâh istiwa diatas arsy si atas langit

Atsar sahabat bahwa Allâh istiwa di atas langit

أبي بكر الصديق رضي الله عنه ) قال أبو بكر بن أبي شيبة : حدثنا محمد بن فضيل عن أبيه عن نافع عن ابن عمر قال : لما قبض رسول الله صلى الله عليه وسلم قال أبو بكر رضي الله عنه : أيها الناس إن كان محمد إلهكم الذي تعبدون فإن إلهكم قد مات وإن كان إلهكم الله الذي في السماء فإن إلهكم لم يمت ثم تلا : [ ص: 119 ] ( وما محمد إلا رسول قد خلت من قبله الرسل ) حتى ختم الآية .

Abu Bakar rodhiyallohu anhu berkata tatkala rosulullah shollallohu'alaihiwasallam wafat berkata, wahai manusia jika kalian menyembah muhamad sebagai tuhan maka tuhanmu telah mati, dan siapa yang menyembah Allâh maka Dia yang ada di langit maka tuhanmu tidak mati, lalu membaca ayat Al Ali Imron 119 sampai akhir 

عمر بن الخطاب رضي الله عنه عن إسماعيل عن قيس قال : لما قدم عمر رضي الله عنه الشام استقبله الناس وهو على بعيره فقالوا : يا أمير المؤمنين لو ركبت برذونا [ ص: 120 ] ليلقاك عظماء الناس ووجوههم فقال عمر رضي الله عنه : ألا أراكم هاهنا إنما الأمر من هاهنا وأشار بيده إلى السماء .

Umar bin Khottob rodhiyallohu anhu berkata sambil duduk diatas untanya, ketauhilah aku melihat kalian disini, sesungguhnya suatu perkara itu dari sana (sambil mengisyaratkan tangan ke langit) 

علي بن أبي طالب رضي الله عنه قال في حديث  القدسي ثم ينادي مناد يا أولياء الله هل بقي مما وعدكم الله ربكم شيء فيقولون
لا وقد أنجزنا ما وعدنا فما بقي شيء إلا النظر إلى وجهه فيتجلى لهم الرب تبارك وتعالى في حجب فيقول يا جبريل ارفع حجابي لعبادي كي ينظروا إلى وجهي

Ali bin Abi Thalib rodhiyallohu anhu berkata dalam hadits qudsi, 
(Kemudian, seorang penyeru memanggil, “Para wali kekasih Allah, masih adakah janji Allah kepada kalian yang belum terpenuhi?” Mereka menjawab, “Tidak. Semua sudah dipenuhi. Yang tersisa hanya melihat wajah-Nya.” Allah ta'ala muncul di hadapan mereka dengan hijab, lalu berfirman, “Jibril, angkatlah hijabku ini dari para hamba-Ku agar mereka dapat melihat wajah-Ku.”) 

 قول عبد الله بن رواحة رضي الله عنه ) ، قال ابن عبد البر رحمه الله تعالى في كتاب [ ص: 122 ] الاستيعاب روينا من وجوه صحاح أن عبد الله بن رواحة رضي الله عنه مشى إلى أمة له فنالها فرأته امرأته فلامته ، فجحدها فقالت له : إن كنت صادقا فاقرأ القرآن فإن الجنب لا يقرأ ( القرآن ) فقال :
شهدت بأن وعد الله حق * وأن النار مثوى الكافرينا     وأن العرش فوق الماء طاف
* وفوق العرش رب العالمينا     وتحمله ملائكة شداد
* ملائكة الإله مسومين
فقالت : آمنت بالله وكذبت عيني وكانت لا تحفظ القرآن ولا تقرؤه .

Abdullah bin rawahah rodhiyallohu anhu ketika bersyair berkata, 
*Aku bersaksi bahwa janji Allâh itu benar 
*dan neraka itu tempat orang kafir 
*Arsy Allah itu mengambang diatas  air 
dan diatas arsy, ada Allah pemilik pengatur alam 
*dibawa malaikat yang kuat 
*malaikat Allâh itu memakai tanda 

قول عبد الله بن مسعود رضي الله عنه ) قال الدارمي : حدثنا موسى بن إسماعيل حدثنا حماد بن سلمة عن عاصم عن زر عن ابن مسعود رضي الله عنه قال : ما بين السماء الدنيا والتي تليها خمسمائة عام وبين كل سماءين مسيرة خمسمائة عام ، وبين السماء السابعة وبين الكرسي مسيرة خمسمائة عام ، وبين الكرسي إلى الماء مسيرة خمسمائة عام ، والعرش على الماء ، والله تعالى فوق العرش وهو يعلم ما أنتم عليه ، وروى الأعمش عن خيثمة عنه : إن العبد ليهم بالأمر من التجارة أو الإمارة حتى إذا تيسر له نظر الله إليه من فوق سبع سماوات فيقول للملك : اصرفه عنه ، قال : فيصرفه .

Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu berkata, 
Jarak antara langit dunia dan langit di atasnya sejauh perjalanan selama 500 tahun. Jarak antara setiap langit dengan langit lainnya sejauh perjalanan selama 500 tahun. Jarak antara langit ketujuh dan kursi sejauh perjalanan selama 500 tahun. Dan ‘Arsy di atas langit, dan Allah tabaaraka wa ta’ala berada di atas ‘Arsy. Ia mengetahui apa yang kalian lakukan

قول عبد الله بن عباس رضي الله عنهما : وقال إسحاق بن راهويه : أخبرنا إبراهيم بن الحكم بن أبان عن أبيه عن عكرمة في قوله تعالى : ( ثم لآتينهم من بين أيديهم ومن خلفهم وعن أيمانهم وعن شمائلهم ) الآية . قال : قال ابن عباس رضي الله عنهما : لم يستطع أن يقول من فوقهم علم أن الله من فوقهم .

Berkata Ibnu Abbas rodhiyallohu ahuma ketika membaca ayat ( ثم لآتينهم من بين أيديهم ومن خلفهم وعن أيمانهم وعن شمائلهم ) : setan tidak mampu mendatangi dari arah atas karena rahmat Allâh diatas mereka dari atas. 

قول أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه ) قال : لما لعن الله إبليس وأخرجه من سماواته [ ص: 126 ] وأخزاه قال : رب أخزيتني ولعنتني وطردتني من سماواتك وجوارك ، وعزتك لأغوين خلقك ما دامت الأرواح في أجسادها ، فأجابه الرب تبارك وتعالى " فقال " : وعزتي وجلالي وارتفاعي على عرشي لو أن عبدي أذنب حتى ملأ السماء والأرض خطاياه ثم لم يبق من عمره إلا نفس واحد فندم على ذنوبه لغفرتها وبدلت سيآته كلها حسنات ، وقد روي هذا المتن مرفوعا ولفظه : وعزتي وجلالي وارتفاعي لو أن عبدي

Abu Umamah al bahily rodhiyallohu anhu berkata ketika Allah melaknat iblis dan dikeluarkan dari langit dan dihinakan, lalu Allah berfirman : demi kemuliaan-Ku dan kebesaran Ku dan ketinggian Ku diatas arsy, sekiranya hamba-Ku berdosa sepenuh isi langit dan bumi selama masih hidup lalu minta ampun maka aku akan ganti kesalahan itu dengan kebaikan... 

قول الصحابة كلهم رضي الله عنهم " قال يحيى بن سعيد الأموي في مغازيه : حدثنا البكائي عن ابن إسحاق قال : حدثني يزيد بن سنان عن سعيد بن الأجيرد الكندي عن العرس بن قيس الكندي عن عدي بن عميرة رضي الله عنه قال : خرجت مهاجرا إلى النبي صلى الله عليه وسلم فذكر قصة طويلة ، وقال فيها : فإذا هو ومن معه يسجدون على وجوههم ويزعمون أن إلههم في السماء فأسلمت وتبعته
Jamaah sahabat rodhiyallohu anhum tatkala bersama nabi dan menyebutkan kisah yang panjang, dikatakan didalamnya : apabila ia dan orang bersamanya bersujud diatas wajah wajah mereka dan menganggap tuhan yang mereka ibadah di langit maka aku berserah diri dan mengikutinya. 

حميد بن ثور , أبو المثنى الهلالي , ممن أدرك النبي صلى الله عليه و سلم , روى الزبير بن بكار عن أبيه أن حميد بن ثور وفد على بعض بني أمية فقيل ما جاء بك فقال :أتاكَ بي الله الذي فوق عرشه ** وخيرٌ ومعروفٌ عليك دليل. تاريخ الإسلام حوادث ووفيات 60 – 81 هـ , ص / 111 

Humaid bin tsaur, abul mutsanna al hilali rodhiyallohu anhu sahabat yang hidup sezaman dengan nabi sholallahu alaihi wasalam, dari azzubair bin bakaar dari ayahnya bahwasanya hamid bin tsaur diutus ke beberapa orang dari kalangan Bani amiya, maka dikatakan kepadanya: " Apa yang membuatmu datang kesini?" Beliau menjawab: "Allah yang berada DIATAS ARSY-Nya yang membuatku datang kepadamu". 

 الصحابي الجليل إبن عباس – رضي الله عنهما - حيث روى إنه دخل على عائشة رضي الله عنها وهي تموت فقال لها كنت أحب نساء رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم يكن يحب إلا طيباً وأنزل براءتك من فوق سبع سماوات . أخرجه الدارمي في الرد على الجهمية بسند حسن  .

Sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma ketika meriwayatkan, ketika beliau datang untuk melihat ‘Aisyah radiyallahu 'anha yang baru saja wafat. Ibnu Abbas berkata padanya,
“Engkau adalah wanita yang paling dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidaklah engkau dicintai melainkan kebaikan (yang ada padamu). Allah pun menurunkan perihal kesucianmu dari ATAS LANGIT yang tujuh 
(Diriwayatkan oleh Ad Darimi dalam Ar-Rodd ala Al Jahmiyah, sanadnya hasan) 

وقال أيضا : في قوله تعالى ( ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ: لم يستطع أن يقول من فوقهم ؛ علم أن الله من فوقهم . رواه اللالكائي في شرح أصول السنة بسند حسن.

Beliau juga berkata tentang firman Allah: 
"kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 17), Tafsir adalah : Iblis tidak mampu untuk mengatakan dari atas, karena iblis tahu bahwasanya Allah BERADA DIATAS mereka"
(Diriwayatkan Al Lalikai dalam Ushulus sunnah, dengan sanad hasan) 

أم المؤمنين زينب بنت جحش رضي الله عنها . عن أنس رضي الله عنه أنها كانت تفخر على أزواج النبي صلى الله عليه وسلم فتقول : زوجكن أهاليكن وزوجني الله تعالى من فوق سبع سماوات . أخرجه البخاري  .
Ummul Mukminin Zainab Bintu Jahsyi radhiyallahu 'anha, diriwayatkan dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwa dahulu Zainab pernah berbangga pada istri-istri Nabi yang lain dengan mengatakan “Kalian dinikahkan oleh keluarga-keluarga kalian, sedangkan aku dinikahkan oleh Allah yang berada di ATAS LANGIT KETUJUH.” (Dikeluarkan oleh Bukhori) 

 قال الصحابي الجليل ابن مسعود رضي الله عنه : العرش فوق الماء والله فوق العرش لا يخفى عليه شيء من أعمالكم . أخرجه البيهقي في الأسماء والصفات بسند حسن.
Sahabat Mulia Abdullah Ibnu Mas'ud radiyallahu 'anhu berkata: "Al-Arsy berada diatas air dan Allah berada diatas arsy, dan tidak samar atas-Nya sesuatu pun dari amalan-amalan kalian" (Diriwayatkan Al Baihaqi dalam Al asma was sifat, dengan sanad hasan) 

 قالت أم المؤمنين عائشة رضي الله عنها : وأيم الله إني لأخشى لو كنت أحب قتله لقتلت – تعني عثمان – ولكن علم الله من فوق عرشه إني لم أحب قتله . أخرجه الدارمي في الرد على الجهمية بسند صحيح.
Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Demi Allah sungguh aku takut, seandainya aku senang dengan terbunuhnya (Utsman bin Affan), aku akan membunuhnya, akan tetapi Ilmu Allah yang berada diatas Arsy-Nya tahu bahwa aku tidak senang dengan terbunuhnya (Utsman)" (Diriwayatkan oleh Ad Darimi dalam Bantahannya terhadap Jahmiyyah, sanadnya shahih) 

 الصحابي الجليل عبد الله بن عمر – رضي الله عنهما . عن زيد بن أسلم قال : مر ابن عمر براعٍ فقال هل من جزرة فقال : ليس هاهنا ربها فقال ابن عمر : تقول له أكلها الذئب , قال : فرفع رأسه إلى السماء و قال : فأين الله ؟ فقال ابن عمر أنا والله أحق أن أقول اين الله فاشترى الراعي والغنم فأعتقه وأعطاه الغنم . أخرجه الذهبي في العلو  .

Sahabat Mulia Abdullah Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Dalam hadits Zaid bin Aslam, dia berkata: “(Suatu saat) Ibnu ‘Umar melewati seorang penggembala. Lalu beliau berkata, “Adakah hewan yang bisa disembelih?”penggembala tadi mengatakan, “Pemiliknya tidak ada di sini.” Ibnu Umar mengatakan, “Katakan saja pada pemiliknya bahwa ada serigala yang telah memakannya.” Kemudian penggembala tersebut menghadapkan kepalanya ke langit. Lantas berkata, ”Lalu di manakah Allah?” Ibnu ‘Umar malah mengatakan, “Demi Allah, seharusnya aku yang berhak menanyakan padamu ‘Di mana Allah?’. Kemudian setelah Ibnu Umar melihat keimanan penggembala ini, dia lantas membelinya, juga hewan gembalaannya. Kemudian Ibnu Umar membebaskan penggembala tadi dan memberikan hewan gembalaan tadi pada penggembala tersebut (Diriwayatkan Adz Dzahabi dalam Al Uluw) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar