Rabu, 25 November 2020

Akhir kehidupan pengikut Asy'ariyah yang menyedihkan lalu bertaubat ruju'

 

Akhir kehidupan pengikut Asy'ariyah yang menyedihkan lalu bertaubat ruju' ke manhaj salaf

Ar-Razi

Beliau adalah al-Allamah Fakhruddin Muhammad bin Umar al-Qurasyi al-Bakri (keturunan Abu Bakar ash-Shiddiq radliyallahu anhu, pen) ar-Razi asy-Syafi’i (wafat tahun 606 H) rahimahullah. Beliau dijuluki dengan Sulthanul Mutakallimin (Raja Ahlul Kalam) padahal beliau termasuk salah satu murid al-Imam al-Baghawi rahimahullah yang terkenal gigih membela Madzhab Salaf. (Thabaqat asy-Syafi’iyah li Ibni Qadhi Syuhbah: 2/65).

Di awal waktunya, al-Fakhrur Razi ini bergelut dengan ilmu kalam, filsafat, sihir dan. khurafat  Al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata:
وقد بدت منه في تواليفه بلايا وعظائم وسحر وانحرافات عن السنة، والله يعفو عنه، فإنه توفي على طريقة حميدة، والله يتولى السرائر
“Dan tampak banyak bencana, perkara besar, sihir dan penyimpangan dari as-Sunnah yang ditemukan dalam tulisan-tulisannya. Allah mengampuninya karena ia meninggal dunia di atas jalan yang terpuji. Allahlah yang mengurusi rahasia-rahasia hati.” (Siyar A’lamin Nubala’: 21/501).

Akan tetapi di akhir waktu hidupnya, beliau bertaubat dan kembali ke jalan Salaf. Wallahu a’lam. Beliau juga bertaubat dari ilmu Kalam. Beliau (Fakhruddin ar-Razi) berwasiat sebelum meninggal dunia bahwa beliau rujuk kepada Madzhab Salaf.  Al-Imam Ibnu Katsir asy-Syafi’i rahimahullah berkata:
وقد ذكرت وصيته عند موته وأنه رجع عن مذهب الكلام فيها إلى طريقة السلف وتسليم ما ورد على وجه المراد اللائق بجلال الله سبحانه
“Aku menyebutkan wasiat beliau sebelum meninggal bahwa beliau kembali dari Madzhab Kalam kepada Madzhab Salaf, dan menerima (beriman kepada, pen) semua sifat Allah yang datang (dari al-Kitab dan as-Sunnah, pen) menurut sifat yang sesuai dengan keagungan-Nya.” (Al-Bidayah wan Nihayah: 13/67).

Beliau (Fakhruddin ar-Razi) mewasiatkan:
لقد تأملت الطرق الكلامية والمناهج الفلسفية فلم أجدها تروي غليلا ولا تشفي عليلا، ورأيت أقرب الطرق طريقة القرآن، اقرأ في الاثبات (الرحمن على العرش استوى) [ طه: 5 ] (إليه يصعد الكلم الطيب) [ فاطر: 10 ] وفي النفي (ليس كمثله شئ) [ الشورى: 11 ] (هل تعلم له سميا) [ مريم: 65 ].
“Sesungguhnya aku telah merenungkan berbagai jalan ilmu kalam dan berbagai metode filsafat, maka aku tidak mendapatkan jalan tersebut dapat menyegarkan orang yang dahaga dan menyembuhkan orang yang sakit. Aku melihat bahwa jalan yang paling dekat dengan kebenaran adalah jalan al-Quran. Maka bacalah firman Allah tentang penetapan sifat; “Ar-Rahman (Allah) bersemayam di atas Arsy.” (QS. Thaha: 5), “Hanya menuju-Nya naiknya kalimat thayyibah.” (QS. Fathir: 15), dan firman-Nya tentang penafian sifat; “Tiada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya.” (QS. Asy-Syura: 11), “Apakah kamu mengetahui ada tandingan bagi-Nya?” (QS. Maryam: 65).” (Siyar A’lamin Nubala’: 21/501 dan Thabaqat asy-Syafi’iyah li Ibni Qadhi Syuhbah: 2/65).

*****

Akhir kehidupan pengikut Asy'ariyah yang menyedihkan lalu bertaubat ruju' ke manhaj salaf 2

Ibnus Subki dan Thabaqatnya

Beliau adalah al-Allamah Tajuddin Abdul Wahhab bin Ali bin Abdul Kafi yang terkenal dengan Ibnus Subki asy-Syafi’i (wafat tahun 771 H) rahimahullah. Beliau adalah tokoh ajaran Asy’ariyah yang sangat fanatik membela Asy’ariyah dan memusuhi akidah Salaf.

Ibnus Subki memberikan pengingkaran tanpa ilmu pada Ulama Syafi’iyah salafi -Imam Abul Hasan al-Karaji asy-Syafi’i rahimahullah yang lebih senior dan lebih berilmu dengan celaan tidak sopan dan tanpa ilmu :
وأقول أولا أني ارتبت في أمره هذه القصيدة وصحة نسبتها إلى هذا الرجل وغلب على ظني أنها إما مكذوبة عليه كلها أو بعضها والذي يرجح أنها مكذوبة عليه كلها
“Aku (Ibnus Subki, pen) berkata: “Pertama aku ragu bahwa syair tersebut dinisbatkan kepada orang ini (al-Karaji). Dan menurut persangkaan kuatku adalah bahwa syair tersebut bisa jadi dinisbatkan secara dusta kepada beliau seluruhnya atau sebagiannya. Pendapat yang kuat adalah bahwa semua syair tersebut didustakan atas nama beliau!!!” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/141).

Di dalam syair al karaji itu beliau menetapkan sifat Allah dan mengikuti manhaj salaf serta mengingkari keyakinan Asy'ariyah. Di antara isi syair beliau adalah:

عقائدهم أن الإله بذاته _ على عرشه مع علمه بالغوائب

“Akidah Ahlus Sunnah adalah bahwa Ilah dengan dzat-Nya …. di atas arsy-Nya dengan ilmu-Nya terhadap perkara gaib.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/141).

Beliau juga berkomentar miring terhadap al-Imam az-Zahid Abdul Qadir al-Jailani al-Hanbali (wafat tahun 561 H) rahimahullah dengan komentar tanpa ilmu dan tidak sopan :
وحكى عن عبد القادر الجيلي أنه قال الله بجهة العلو مستو على عرشه فليت شعري لم احتج بكلامه
“Dan dihikayatkan dari Abdul Qadir al-Jaili (bisa dibaca: al-Jailani atau al-Kailani, pen) bahwa beliau berkata bahwa Allah berada di arah atas, bersemayam di atas Arsy. Aduh kiranya jika ucapan beliau (al-Jailani) tidak dijadikan hujjah.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 9/78).

Padahal kita tahu di zaman ini (tahun 2020) Beliau Syeikh Abdul Qodir Jailani dipuja puji sebagai sultan para wali (sultonul auliya) oleh mereka yang pengikut Asy'ariyah sendiri.

Syeikh Abdul Qodir Jailani seorang hambali (secara aqidah mengikuti manhaj salaf, bukan aqidah Asy'ariyah)

Beliau juga tidak memiliki adab terhadap guru beliau sendiri yang berakidah Salaf, yaitu al-Imam adz-Dzahabi asy-Syafi’i rahimahullah.
Ibnus Subki (murid) mengomentari al-Imam adz-Dzahabi (sang guru):
ولقد وقفت فى تاريخ الذهبى رحمه الله على ترجمة الشيخ الموفق بن قدامة الحنبلى والشيخ فخر الدين بن عساكر وقد أطال تلك وقصر هذه وأتى بما لا يشك لبيب أنه لم يحمله على ذلك إلا أن هذا أشعرى وذاك حنبلى وسيقفون بين يدى رب العالمين
“Aku telah melihat kitab ‘Tarikhul Islam’ karya adz-Dzahabi rahimahullah pada biografi asy-Syaikh al-Muwaffaq Ibnu Qudamah al-Hanbali dan asy-Syaikh Fakhruddin Ibnu Asakir. Beliau (adz-Dzahabi) memaparkan biografi Ibnu Qudamah secara panjang lebar sedangkan untuk biografi Ibnu Asakir, beliau hanya memaparkan secara ringkas saja. Dan ini tidak diragukan oleh orang yang berakal bahwa motivasi beliau atas demikian tidak lain karena Ibnu Asakir itu seorang Asy’ari sedangkan Ibnu Qudamah itu seorang Hanbali (Salafi). Dan mereka akan mempertanggungjawabkannya di depan Rabbul Alamin.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 2/24).
Ibnus Subki (murid) juga berkomentar miring terhadap al-Imam adz-Dzahabi (guru):
وأما تاريخ شيخنا الذهبى غفر الله له فإنه على حسنه وجمعه مشحون بالتعصب المفرط لا واخذه الله فلقد أكثر الوقيعة فى أهل الدين أعنى الفقراء الذين هم صفوة الخلق واستطال بلسانه على كثير من أئمة الشافعيين والحنفيين ومال فأفرط على الأشاعرة ومدح فزاد فى المجسمة
“Adapun kitab ‘Tarikhul Islam’ karya Syaikh kami adz-Dzahabi –semoga Allah mengampuninya-, maka kitab tersebut meskipun bagus dan menyeluruh, dipenuhi dengan sikap ta’ashub (fanatik) yang berlebihan –semoga Allah membalasnya-. Beliau banyak mencela ahli agama, yakni fuqara’ yang merupakan makhluk pilihan. Beliau juga panjang lidahnya di dalam mencela para imam Syafi’iyah dan Hanafiyah. Beliau juga condong bersikap melampaui batas terhadap ulama Asy’ariyah dan berlebih-lebihan dalam memuji Mujassimah (yaitu: Salafiyah dalam kacamata Asy’ariyah, pen).” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 2/22).

Akibat Buruknya Lisan

Lidah yang tajam inilah yang menyebabkan Ibnus Subki keluar masuk penjara. Al-Allamah Ibnu Qadhi Syuhbah asy-Syafi’i rahimahullah berkata:
وولي الخطابة بعد وفاة ابن جملة ثم عزل وحصل له محنة شديدة وسجن بالقلعة نحو ثمانين يوما ثم عاد إلى القضاء..الخ
“Ibnus Subki menjabat sebagai khatib setelah wafatnya Ibnu Jumlah. Kemudian ia dilengserkan dan mendapat banyak ujian yang berat. Ia dipenjarakan di Qal’ah selama 80 hari, kemudian dikembalikan menjadi qadhi lagi..dst.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah li Ibni Qadhi Syuhbah: 3/105).

Bahkan lebih parah lagi, Al-Allamah Nu’man al-Alusi (wafat tahun 1317 H) rahimahullah berkisah:
ونقل الشيخ عبد الوهاب الشعرانى في كتابه ((الأجوبة المرضية)) : أن أهل زمانه رموه بالكفر واستحلال شرب الخمر والزنا وأنه كان يلبس الغيار والزنار بالليل ويخلعهما بالنهار ، وتحزبوا عليه وأتوا به مقيداً مغلولاً من الشام إلى مصر ، وجاء معه خلائق من الشام يشهدون عليه ؛ ثم تداركه اللطف على يد الشيخ جمال الدين الإسنوى . اهـ .
“Asy-Syaikh Abdul Wahhab asy-Sya’rani menukilkan dalam kitabnya ‘al-Ajwibah al-Mardhiyah’ bahwa penduduk jaman beliau (yakni Ibnus Subki) menuduhnya dengan tuduhan kafir dan tuduhan menghalalkan minum khamer dan zina. (Mereka menyatakan) bahwa beliau memakai ghiyar (pakaian khas orang kafir dzimmi, pen) dan zinar (sabuk khas orang Majusi, pen) pada malam hari dan melepasnya pada siang hari. Mereka berkumpul dan membawa beliau dalam keadaan tangan diikat rantai dari Syam menuju Mesir. Sebagian orang Syam datang menyaksikan beliau. Kemudian beliau mendapatkan pembebasan dari asy-Syaikh Jamaluddin al-Isnawi asy-Syafi’i. Selesai.” (Jala’ul Ainain fi Muhakamatil Ahmadain: 38).

Dan setelah wafat pun Ibnus Subki mendapat kritikan dan celaan dari ulama Syafi’iyah setelahnya.

Al-Hafizh Syamsuddin as-Sakhawi asy-Syafi’i (murid al-Hafizh Ibnu Hajar, wafat tahun 902 H) rahimahullah mengkritik ketidaksopanan Ibnus Subki terhadap gurunya (yaitu al-Imam adz-Dzahabi):
فالذي نسب الذهبي لذلك هو تلميذه التاج السبكي، وهو على تقدير تسليمه إنما هو في أفراد مما وقع التاج في أقبح منه… وهذا من أعجب العجاب ، وأصحب للتعصب ، بل أبلغ في خطأ الخطاب
“Orang yang menisbatkan adz-Dzahabi demikian adalah muridnya sendiri, yaitu Tajuddin as-Subki. Komentar Ibnus Subki di atas seandainya benar, maka itu menunjukkan sikap pribadi Ibnus Subki yang terjatuh kepada perkara yang lebih jelek daripada itu….. Dan ini (komentar Ibnus Subki) merupakan suatu yang paling aneh, sesuatu yang lebih menunjukkan fanatik, bahkan lebih menunjukkan kesalahan dalam berbicara..dst.” (Al-I’lan bit Taubikh li Man Dzammat Tarikh: 158).


Bacaan Lainnya 




https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/ulama-syafiiyah-asyariyah-ternyata.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/akhir-kehidupan-pengikut-asyariyah-yang.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/sebelum-abbasiyah-runtuh-asyariyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/debat-syafiiyah-wahabi-vs-syafiiyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/penilaian-ibnus-subki-rohimahumullah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dalil-lemah-asyariyah-dan-tuduhan-salah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dahulu-manhaj-salaf-dikenal-dengan.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/tersingkirnya-peran-ulama-syafiiyah.html



Bahkan al-Hafizh as-Sakhawi menukilkan penilaian al-Qadhi Izzuddin al-Kinani al-Hanbali (wafat tahun 876 H) rahimahullah tentang buruknya akhlak Ibnus Subki:
هو رجل قليل الأدب عديم الإنصاف جاهل بأهل السنة ورتبهم يدلك على ذلك كلامه انتهى
“Ia (Ibnus Subki) adalah orang yang kurang adab, tidak objektif, bodoh terhadap ahlussunnah dan kedudukan mereka. Itu ditunjukkan oleh ucapannya. Selesai ucapan al-Kinani.” (Al-I’lan bit Taubikh li Man Dzammat Tarikh: 159).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar