Rabu, 25 November 2020

Saudi di masa lalu bukan bagian dari kekhilafahan Turki Utsmani

 

Saudi di masa lalu bukan bagian dari kekhilafahan Turki Utsmani (1299 - 1922), bukti :

1 Di masa itu ada juga kerajaan syiah safawi di Persia, Iran (1501 - 1736) yang luas meliputi azerbaijan, Georgia, Armenia, siskasia

2 Ada juga kerajaan islam sunni mughal (1526 -1857) yang menguasai Afghanistan, balosistan, daratan India, Pakistan, Bangladesh, dataran tinggi dekkan.

3 Di jazirah arab terbagi kerajaan kerajaan kecil : Hijaz, rasyidi, diriyah, nejd, al ahsa, Jabal sammar, ashir.

Waktu kejayaan Saudi pertama (1744 - 1818) karena menjalankan syariat islam bersama ulama Syeikh Muhammad bin abdul wahab, menguasai rasyidi sampai Hijaz sehingga menguasai kota suci Madinah, juga Makkah tahun 1802.

Orang orang yang tidak suka dakwah tauhid islam (didalamnya termasuk syiah, penyembah kubur, ahlul bid'ah wa dholal) berkembang meminta bantuan turki (tersebarnya riba, zina, homoseks, juga makin berkembang kesesatan, kebidahan dalam beragama, atas pengaruh revolusi Perancis 1799, banyak pemuda Utsmani belajar ke Perancis), dibantu Mesir sehingga akhirnya diriyah bubar dan kotanya dihancurkan tahun 1818, Raja terakhir Abdullah bin saud dihukum mati di masjid aya Sophia.

Tahun 1824 Saudi kedua bangkit, lalu diikuti kerajaan kerajaan kecil dalam semenanjung arab  bergabung hingga menjadi kerajaan besar, ini terjadi tahun 1902. Berikutnya wilayah al Hasa, Hijaz, Asir, Najd, Qotif masuk ke Saudi.

Tahun 1927 dalam perang najd - Hijaz, kesultanan Najd berhasil menaklukkan Hijaz sehingga kerajaan digabung menjadikannya Najd - Hijaz

Tahun 1932 nama kerajaan diubah menjadi kerajaan Bani saud, setelah kesultanan nejd juga bergabung, fase ini dinamakan Saudi ketiga.

*****

Pemberontakan Syarif Hussein bin Ali terhadap khilafah Utsmaniyah

Setelah kerajaan diriyah berhasil dihancurkan, kota suci Makkah Madinah kembali dikuasai Utsmaniyah dengan menempatkan Syarif hussein sebagai penguasa Hijaz.

Tahun 1916 Hijaz memberontak ke Utsmani karena Utsmani semakin mundur terhadap nilai nilai islam (tersebarnya riba, zina, homoseks, juga makin berkembang kesesatan, kebidahan dalam beragama, atas pengaruh revolusi Perancis 1799, banyak pemuda Utsmani belajar ke Perancis).

Perang yang dikenal perang Pemberontakan arab ini Syarif hussein minta bantuan Inggris, Perancis menghadapi Utsmani. Inggris mengirimkan Edmund Allenby dan Thomas Edward Lawrence, kelak dijuluki Lawrence of Arabia dalam film.

Hijaz sendiri ingin menyatukan wilayah arab sampai suriah. Perang besar ini masukkan dalam perang dunia 1 dimana Utsmani banyak menderita kekalahan sampai akhirnya runtuh sejak kekalahan ini. Jalur rel turki - jazirah arab diputus oleh pemberontak, sehingga lemah.

Hijaz dibantu Inggris berhasil mengalahkan Utsmani sehingga menguasai wilayah termasuk thoif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar