Rabu, 25 November 2020

Penilaian Ibnus Subki rohimahumullah dalam Thabaqatnya yang tidak sesuai fakta

 Sekilas kisah Syeikh Abdul Qodir Jailani 


Penilaian Ibnus Subki rohimahumullah dalam Thabaqatnya yang tidak sesuai fakta 

(Dialog Syafi'iyah Salafi vs Syafi'iyah Asy'ariyah) 



Beliau adalah al-Allamah Tajuddin Abdul Wahhab bin Ali bin Abdul Kafi yang terkenal dengan Ibnus Subki asy-Syafi’i (wafat tahun 771 H) rahimahullah. Beliau adalah tokoh ajaran Asy’ariyah yang sangat fanatik membela Asy’ariyah dan memusuhi akidah Salaf. 


Di antara bukti sikap beliau yang fanatik terhadap Asy’ariyah adalah ucapan beliau:

ذكر دليل استنبطه علماؤنا من الحديث الصحيح دال على أن أبا الحسن وفئته على السنة وأن سبيلهم سبيل الجنة

“Menyebutkan dalil yang diambil istimbath oleh ulama kami dari hadits shahih yang menunjukkan bahwa Abul Hasan al-Asy’ari dan kelompoknya (yaitu: Asy’ariyah, pen) berada di atas as-Sunnah dan bahwa jalan mereka adalah jalan surga.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 3/361).


Ibnus Subki asy-Syafi’i ini menulis kitab ‘Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra’ yang memuat sejarah dan biografi para ulama yang bermadzhab Syafi’i. Ia menyanjung Syafi’iyah yang berakidah Asy’ari dan seringkali bertindak tidak obyektif terhadap Syafi’iyah yang Salafi.


Di antaranya adalah pengingkaran Ibnus Subki terhadap akidah Salafi yang dipegang oleh al-Imam Abul Hasan al-Karaji asy-Syafi’i rahimahullah. 


Kita ketahui al-imam Abul Hasan Al Karaji beraqidah salafi. Al-Allamah Ibnu Qadhi Syuhbah asy-Syafi’i rahimahullah berkata:


قال ابن السمعاني وهو إمام ورع فقيه مفت محدث خير أديب شاعر أفنى عمره في جمع العلم ونشره قال وله القصيدة المشهورة في السنة نحو مائتي بيت شرح فيها عقيدة السلف وله تصانيف في المذهب والتفسير


“Ibnus Sam’ani berkata: “Beliau (al-Karaji) adalah seorang imam, bersifat wara’, ahli fikih, mufti, ahli hadits, ahli sastra dan syair. Beliau menghabiskan umur beliau untuk mengumpulkan ilmu dan menyebarkannya. Beliau juga mempunyai syair yang terkenal terdiri dari sekitar 200 bait yang mana beliau menjelaskan akidah Salaf dalam syair tersebut. Beliau juga mempunyai karya tulis dalam Madzhab (Syafi’i) dan tafsir.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah li Ibni Qadhi Syuhbah: 1/311).


Di antara isi syair beliau adalah:


عقائدهم أن الإله بذاته _ على عرشه مع علمه بالغوائب


“Akidah Ahlus Sunnah adalah bahwa Ilah dengan dzat-Nya …. di atas arsy-Nya dengan ilmu-Nya terhadap perkara gaib.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/141).


Ibnus Subki menukilkan ucapan al-Imam Ibnus Sam’ani tentang akidah Salaf yang dipegang oleh al-Karaji:

وله قصيدة بائية في السنة شرح فيها اعتقاده واعتقاد السلف تزيد على مائتي بيت قرأتها عليه في داره بالكرج

“Beliau (al-Karaji) juga mempunyai syair ba’iyah (berakhiran huruf ba’) yang terdiri dari sekitar 200 bait yang mana beliau menjelaskan akidah Salaf dalam syair tersebut. Aku membaca syair tersebut dinisbatkan kepada beliau di rumah beliau di Karaj.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/14).


Kemudian Ibnus Subki memberikan pengingkaran tanpa ilmu:

وأقول أولا أني ارتبت في أمره هذه القصيدة وصحة نسبتها إلى هذا الرجل وغلب على ظني أنها إما مكذوبة عليه كلها أو بعضها والذي يرجح أنها مكذوبة عليه كلها

“Aku (Ibnus Subki, pen) berkata: “Pertama aku ragu bahwa syair tersebut dinisbatkan kepada orang ini (al-Karaji). Dan menurut persangkaan kuatku adalah bahwa syair tersebut bisa jadi dinisbatkan secara dusta kepada beliau seluruhnya atau sebagiannya. Pendapat yang kuat adalah bahwa semua syair tersebut didustakan atas nama beliau!!!” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/141).


Ibnus Subki juga mengomentari tanpa ilmu:

ويحتمل أن يكون له بعضها ولكن زيدت الأبيات المقتضية للتجسيم وللكلام في الأشاعرة

“Kemungkinan lain, sebagian syair tersebut benar penisbatannya tetapi sebagiannya ditambah-tambah dengan bait-bait yang men-jisim-kan Allah dan celaan kepada Asy’ariyah.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/142).

Pengingkaran dari Ibnus Subki ini disebabkan sikap fanatik beliau terhadap akidah Asy’ariyah dan tuduhan dan persangkaan beliau (yang Asy’ari) bahwa akidah Salaf itu mujassimah.


Bahkan tidak hanya Syafi’iyah yang dikomentari, ulama selain Syafi’iyah yang berakidah Salaf pun ikut dikomentari miring oleh Ibnus Subki. Beliau berkomentar miring terhadap al-Imam az-Zahid Abdul Qadir al-Jailani al-Hanbali (wafat tahun 561 H) rahimahullah:

وحكى عن عبد القادر الجيلي أنه قال الله بجهة العلو مستو على عرشه فليت شعري لم احتج بكلامه

“Dan dihikayatkan dari Abdul Qadir al-Jaili (bisa dibaca: al-Jailani atau al-Kailani, pen) bahwa beliau berkata bahwa Allah berada di arah atas, bersemayam di atas Arsy. Aduh kiranya jika ucapan beliau (al-Jailani) tidak dijadikan hujjah.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 9/78).


Padahal kita tahu di zaman ini (tahun 2020) Beliau Syeikh Abdul Qodir Jailani dipuja puji sebagai sultan para wali (sultonul auliya) oleh mereka yang pengikut Asy'ariyah sendiri.


Padahal kita ketahui, beliau Syeikh Abdul Qodir Jailani seorang hambali (aecara aqidah mengikuti manhaj salaf)


Bacaan Lainnya 




https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/ulama-syafiiyah-asyariyah-ternyata.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/akhir-kehidupan-pengikut-asyariyah-yang.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/sebelum-abbasiyah-runtuh-asyariyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/debat-syafiiyah-wahabi-vs-syafiiyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/penilaian-ibnus-subki-rohimahumullah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dalil-lemah-asyariyah-dan-tuduhan-salah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dahulu-manhaj-salaf-dikenal-dengan.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/tersingkirnya-peran-ulama-syafiiyah.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar