Rabu, 25 November 2020

Syafi’i tanpa Qunut Subuh

 Imam Abul Hasan Al Karaji, Syafi’i tanpa Qunut Subuh


Beliau adalah al-Imam Abul Hasan Muhammad bin Abdul Malik Muhammad al-Karaji asy-Syafi’i (wafat tahun 532 H) rahimahullah.


Al-Allamah Ibnu Qadhi Syuhbah asy-Syafi’i rahimahullah berkata:


قال ابن السمعاني وهو إمام ورع فقيه مفت محدث خير أديب شاعر أفنى عمره في جمع العلم ونشره قال وله القصيدة المشهورة في السنة نحو مائتي بيت شرح فيها عقيدة السلف وله تصانيف في المذهب والتفسير


“Ibnus Sam’ani berkata: “Beliau (al-Karaji) adalah seorang imam, bersifat wara’, ahli fikih, mufti, ahli hadits, ahli sastra dan syair. Beliau menghabiskan umur beliau untuk mengumpulkan ilmu dan menyebarkannya. Beliau juga mempunyai syair yang terkenal terdiri dari sekitar 200 bait yang mana beliau menjelaskan akidah Salaf dalam syair tersebut. Beliau juga mempunyai karya tulis dalam Madzhab (Syafi’i) dan tafsir.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah li Ibni Qadhi Syuhbah: 1/311).


Di antara isi syair beliau adalah:


عقائدهم أن الإله بذاته _ على عرشه مع علمه بالغوائب


“Akidah Ahlus Sunnah adalah bahwa Ilah dengan dzat-Nya …. di atas arsy-Nya dengan ilmu-Nya terhadap perkara gaib.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/141).


Tajuddin Ibnus-Subki asy-Syafi’i berkata tentangnya:


وكان شافعي المذهب إلا أنه كان لا يقنت في صلاة الصبح وكان يقول إمامنا الشافعي رحمه الله قال إذا صح الحديث فاتركوا قولى وخذوا بالحديث وقد صح عندي أن النبي ( صلى الله عليه وسلم ) ترك القنوت في صلاة الصبح


“Beliau (al-Karaji) adalah ulama bermadzhab Syafi’i, hanya saja ia tidak melakukan qunut dalam shalat shubuh. Beliau berkata: “Adalah imam kami, asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Jika hadits telah shahih, maka tinggalkanlah pendapatku dan ambillah hadits tersebut. Dan menurutku telah shahih hadits bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam meninggalkan qunut dalam shalat shubuh.” (Thabaqat asy-Syafi’iyah al-Kubra: 6/138).


Bacaan Lainnya 




https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/ulama-syafiiyah-asyariyah-ternyata.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/akhir-kehidupan-pengikut-asyariyah-yang.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/sebelum-abbasiyah-runtuh-asyariyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/debat-syafiiyah-wahabi-vs-syafiiyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/penilaian-ibnus-subki-rohimahumullah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dalil-lemah-asyariyah-dan-tuduhan-salah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dahulu-manhaj-salaf-dikenal-dengan.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/tersingkirnya-peran-ulama-syafiiyah.html



1 komentar:

  1. Kok sejarahnya di potong... Di akhir masa hidupnya Imam Alkaraji berqunut subuh setelah mengetahui alasan Imam Syafi'i menyunatkan qunut subuh..

    BalasHapus