Rabu, 25 November 2020

Asy'ariyah dimasa awal Abbasiyah mazhab yang dibenci Kaum muslimin

 

Asy'ariyah dimasa awal Abbasiyah mazhab yang dibenci Kaum muslimin 


Sebelum Abbasiyah runtuh, Asy'ariyah adalah mazhab yang dibenci Kaum Muslimin, Ulama di masa itu yang ditakuti Imam Abu Hamid Isfarayni Asy Syafi'i

Masa generasi salaf sampai khilafah Abbasiyah kaum muslimin dalam satu aqidah dalam asma wassifat, aqidah yang diajarkan nabi pada para sahabat, itulah aqidah salaf yang diwariskan dari generasi selanjutnya, tabiin, ke generasi selanjutnya tabi'ut tabi'in.

Kaum muslimin menganut aqidah salaf ini secara umum,  dilanjutkan pada Khilafah umawiyah lalu Abbasiyah selama 750 tahun.

Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan:
قال البيهقي: ولم يكن في الخلفاء قبله من بني أمية وبني العباس خليفة إلا على مذهب السلف ومنهاجهم
“Al-Baihaqi berkata: “Tidak ada satu khalifah pun sebelum al-Makmun dari kalangan Daulah Umayyah dan Daulah Abbasiyah kecuali berada di atas Madzhab dan Manhaj Salaf.” (Al-Bidayah wan Nihayah: 10/365)..

Ajaran Asy’ariyah (baca: Kullabiyah) kemudian diteruskan oleh murid Abul Hasan al-Asy’ari yang bernama Muhammad bin Mujahid ath-Tha’i al-Maliki (wafat tahun 370 H). Al-Khathib al-Baghdadi asy-Syafi’i rahimahullah berkata tentangnya:
محمد بن أحمد بن محمد بن يعقوب بن مجاهد أبو عبد الله الطائي المتكلم صاحب أبي الحسن الأشعري وهو من أهل البصرة سكن بغداد وعليه درس القاضي أبو بكر محمد بن الطيب الكلام…الخ
“Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ya’qub bin Mujahid, Abu Abdillah ath-Tha’i, Ahli Kalam, murid Abul Hasan al-Asy’ari. Beliau termasuk penduduk Basrah. Dan al-Qadhi Abu Bakar Muhammad bin ath-Thayyib (al-Baqilani al-Maliki) (wafat tahun 403 H) belajar kepadanya tentang ilmu Kalam..dst.” (Tarikh Baghdad: 1/343, ad-Dibaj al-Muhadzdzab fi Ma’rifati Ulama’il Madzhab li Ibni Farkhun: 138, Siyar A’lamin Nubala’: 16/305).

Keterangan di atas menunjukkan bahwa setelah Ibnu Mujahid, Madzhab Asy’ariyah kemudian diteruskan oleh al-Qadhi Abu Bakar al-Baqilani al-Maliki. Kemudian ajaran Asy’ariyah diteruskan oleh murid al-Baqilani yaitu Abu Dzar al-Harawi al-Maliki (wafat tahun 434 H).

Al-Imam Ibnu Katsir asy-Syafi’i rahimahullah berkata:
أبو ذر الهروي عبد الله بن أحمد بن محمد الحافظ المالكي، سمع الكثير ورحل إلى الاقاليم، وسكن مكة، ثم تزوج في العرب، وكان يحج كل سنة ويقيم بمكة أيام الموسم ويسمع الناس، ومنه أخذ المغاربة مذهب الاشعري عنه، وكان يقول إنه أخذ مذهب مالك عن الباقلاني
“Abu Dzar al-Harawi Abdullah bin Ahmad bin Muhammad al-Maliki, mendengar periwayatan dari banyak ulama, mengadakan rihlah ke berbagai negara, berdiam di Makkah, kemudian menikah di Arab. Ia naik haji setiap tahun dan bermukim di Makkah ketika musim haji dan mendengar periwayatan dari banyak orang. Ulama-ulama negeri Maghrib mengambil Madzhab Asy’ariyah dari Abu Dzar ini. Abu Dzar sendiri menyatakan bahwa ia mengambil Madzhab Maliki dari al-Baqilani.” (Al-Bidayah wan Nihayah: 12/64).

Al-Imam al-Hasan bin Abi Usamah al-Makki rahimahullah menyatakan:
أبو ذر أول من أدخل مذهب الأشعري الحرم
“Abu Dzar al-Harawi adalah orang yang pertama kali memasukkan Madzhab Asy’ari ke negeri Haram (yakni Makkah dan Madinah, pen).” (Tarikh Damsyiq: 37/394).

Adapun yang menyebarkan Madzhab Asy’ariyah di Khurasan adalah Abu Bakar bin Faurak al-Asy’ari (wafat tahun 406 H). Ibnu Asakir rahimahullah menyatakan:
ذكر أبو بكر بن فورك إنه ممن إستفاد من أبي الحسن الأشعري من أهل خراسان
“Abu Bakar bin Faurak menyebutkan bahwa ia adalah orang Khurasan yang belajar kepada Abul Hasan al-Asy’ari.” (Tabyin Kadzibil Muftari fi Ma Nusiba ilal Imam Abil Hasan al-Asy’ari: 188).

Masa Tertekannya Ajaran Asy’ariyah

Di masa Daulah Umayyah dan Daulah Abbasiyah. Kaum muslimin dan pemerintahnya berpegang teguh di atas Manhaj Salaf di dalam memahami sifat-sifat Allah.

Demikian pula Khalifah al-Qadir billah (khalifah ke-26 Daulah Abbasiyah, wafat tahun 422 H). Beliau juga berpegang kepada Madzhab Salaf. Al-Imam Abu Bakar al-Khathib al-Baghdadi rahimahullah menyatakan:
وعرف بها عند كل أحد مع حسن المذهب وصحة الاعتقاد وكان صنف كتابا في الأصول ذكر فيه فضائل الصحابة على ترتيب مذهب أصحاب الحديث
“Al-Qadir billah dikenal oleh setiap orang dengan banyaknya amal shalih disertai madzhab yang baik dan kesahihan akidah. Beliau juga menulis sebuah kitab tentang ‘Ushul’. Beliau menerangkan keutamaan para sahabat dalam kitab tersebut menurut urutan Madzhab Ahlul Hadits…dst.” (Tarikh Baghdad: 4/37).

Di antara akidah Khalifah al-Qadir billah yang pernah dibacakan di hadapan para ulama di Baghdad adalah:
وأنه خلق العرش لا لحاجة واستوى عليه كيف شاء لا استواء راحة وكل صفة وصف بها نفسه أو وصفه بها رسوله فهي صفة حقيقة لا صفة مجاز وكلام الله غير مخلوق أنزله على رسوله
“Dan bahwa Allah menciptakan Arsy bukan karena kebutuhan. Allah bersemayam di atasnya dengan tatacara yang dikehendaki-Nya, bukan bersemayam untuk beristirahat. Setiap sifat yang mana Allah menyifati diri-Nya dengan sifat tersebut, atau disifati oleh Rasul-Nya shallallahu alaihi wasallam, maka itu merupakan sifat yang hakiki bukan sifat majazi. Firman Allah bukanlah makhluk, diturunkan oleh-Nya kepada rasul-Nya.” (Al-Uluw lil Aliyyil Ghaffar: 245).

Di masa Khalifah al-Qadir billah ini, ajaran Asy’ariyah menjadi ajaran yang dibenci oleh kaum muslimin. Al-Qadhi Abu Bakar al-Baqilani -yang menjadi tokoh ajaran Asy’ariyah ini- sangat tidak nyaman dengan sikap al-Imam Abu Hamid al-Isfarayni asy-Syafi’i (wafat tahun 406 H) rahimahullah yang bermanhaj Salaf.

Al-Imam Abu Ishaq asy-Syairazi asy-Syafi’i berkata:
كان أبو بكر الباقلاني يخرج إلى الحمام مبرقعا خوفا من الشيخ أبي حامد الإسفرائيني
“Adalah Abu Bakar al-Baqilani keluar menuju tempat pemandian dengan memakai cadar karena takut terhadap asy-Syaikh Abu Hamid al-Isfarayni.” (Al-Aqidah al-Ishfahaniyah: 59).

Ini juga mengingatkan kami, bahwa masa tertekannya Asy'ariyah di zaman Syeikh Abul Hasan al-Asy’ari masih hidup juga berhadapan dengan ulama Syafi'iyah bermadzhab salaf, Imam Al Barbahari, pengikut aqidah Imam Ahmad bin hambal.

Abu Abdillah al-Hamrani berkata:

لما دخل الأشعري إلى بغداد جاء إلى البربهاري فجعل يقول: رددت على الجبائي وعلى أبي هاشم ونقضت عليهم وعلى اليهود والنصارى والمجوس وقلت لهم وقالوا وأكثر الكلام في ذلك فلما سكت قال البربهاري: ما أدري مما قلت قليلاً ولا كثيراً ولا نعرف إلا ما قاله أبو عبد الله أحمد بن حنبل قال: فخرج من عنده وصنف كتاب ” الإبانة ” فلم يقبله منه ولم يظهر ببغداد إلى أن خرج منها

“Ketika Abul Hasan al-Asy’ari memasuki Baghdad, beliau mendatangi al-Imam al-Barbahari (wafat tahun 328 H). Beliau mengatakan: “Aku telah membantah al-Juba’i dan Abu Hasyim. Aku telah membantah mereka. Aku juga telah membantah Yahudi, Nasrani dan Majusi. Aku berkata kepada mereka demikian dan demikian…dst. Ketika beliau diam, maka giliran al-Imam al-Barbahari berkata: “Aku tidak mengenal pendapatmu sedikit ataupun banyak kecuali pendapat al-Imam Ahmad bin Hanbal.” Al-Hamrani berkata: “Kemudian Abul Hasan al-Asy’ari keluar dari majelis al-Barbahari dan menulis kitab ‘al-Ibanah an Ushulid Diyanah’. Al-Barbahari masih tidak mau menerimanya. Beliau tidak muncul di Baghdad sampai kemudian keluar dari Baghdad.” (Thabaqat al-Hanabilah li Ibni Abi Ya’la: 2/16, al-Maqshadul Arsyad li Ibni Muflih: 1/329, Siyar A’lamin Nubala’: 15/90 dan al-Wafi bil Wafayat lish Shafadi: 4/173).

Di antara pernyataan al-Imam Abul Hasan al-Asy’ari rahimahullah dalam ‘al-Ibanah’ adalah:

قولنا الذي نقول به وديانتنا التي ندين بها التمسك بكتاب الله ربنا عز و جل وبسنة نبينا محمد صلى الله عليه و سلم وما روى عن السادة الصحابة والتابعين وأئمة الحديث ونحن بذلك معتصمون وبما كان يقول به أبو عبد الله أحمد بن محمد بن حنبل – نضر الله وجهه ورفع درجته وأجزل مثوبته – قائلون…الخ

“Pendapat yang kami pegangi dan agama yang mana kami beragama dengannya adalah: berpegang teguh dengan Kitab Allah Rabb kami azza wajalla, dengan sunnah Nabi kami Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan juga dengan riwayat dari para pembesar sahabat, tabiin dan para imam ahlul hadits. Kami berpegang teguh dengan itu semuanya. Dan kami juga berpendapat dengan pendapat al-Imam Ahmad bin Hanbal –semoga Allah menjadikan wajah beliau berseri, mengangkat derajat beliau dan memperbanyak pahala beliau-…dst.” (Al-Ibanah an Ushulid Diyanah: 20).

Peran Madrasah Nizhamiyah

Keadaan menjadi terbalik pada masa Sultan Alib Arsalan Bani Saljuk (wafat tahun 465 H) dengan menterinya Nizhamul Mulk (wafat tahun 485 H). Pada waktu itu Madzhab Asy’ariyah berada di atas angin sedangkan Madzhab Ahlussunnah atau Madzhab Salaf menjadi tertekan.

Al-Hafizh as-Suyuthi rahimahullah menyatakan:
قال الذهبى وهو أول من ذكر بالسلطان على منابر بغداد وبلغ ما لم يبلغه أحد من الملوك وافتتح بلادا كثيرة من بلاد النصارى واستوزر نظام الملك فأبطل ما كان عليه الوزير قبله عميد الملك من سب الشعرية وانتصر للشافعية واكرم إمام الحرمين وأبا القاسم القشيرى وبنى النظامية قيل وهى اول مدرسة بنيت للفقهاء
“Adz-Dzahabi berkata: “Dia (Alib Arsalan) adalah orang yang pertama kali disebut sebagai sultan di atas mimbar-mimbar Baghdad. Kekuasaan beliau mencapai luas wilayah yang belum pernah dicapai oleh raja-raja selain beliau. Beliau menaklukkan banyak negeri nasrani dan mengangkat Nizhamul Mulk sebagai menteri. Maka Nizhamul Mulk menghapus kebijakan yang dilakukan oleh menteri sebelumnya, Amidul Mulk, seperti mencela Madzhab Asy’ariyah. Ia juga membela ulama Syafi’iyah dan memuliakan Imamul Haramain dan Abul Qasim al-Qusyairi. Ia juga membangun Madrasah Nizhamiyah. Dikatakan bahwa Nizhamiyah merupakan madrasah yang pertama kali dibangun untuk para ahli fikih.” (Tarikhul Khulafa’: 1/416).

Al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata:
وهو أول من بنى المدارس في الإسلام، بنى نظامية بغداد، ونظامية نيسابور، ونظامية طوس، ونظامية إصبهان
Ia (wazir atau menteri Nizhamul Mulk, pen) adalah orang yang pertama kali membangun madrasah di dalam Islam. Ia membangun madrasah Nizhamiyah Baghdad, Nizhamiyah Naisabur, Nizhamiyah Thus dan Nizhamiyah Isbahan.” (Tarikhul Islam lidz Dzahabi: 33/146).
Ali bin Nayef menyatakan:
كان اهتمام المدارس النظامية قد انصرف إلى التركيز على مادتين أساسيتين هما : الفقه على المذهب الشافعي، وأصول العقيدة على مذهب الأشعري
“Madrasah-madrasah Nizhamiyah mempunyai kepentingan untuk berdiri di atas 2 pondasi, yaitu: fikih di atas Madzhab Syafi’i dan dasar-dasar akidah di atas Madzhab Asy’ariyah..dst.” (Mausu’ah al-Buhuts wal Maqalat al-Ilmiyah: Bab al-Madaris an-Nizhamiyah fi Daulatis Salajiqah hal: 6).

Maka madrasah-madrasah masa setelah Nizhamiyah juga kebanyakan mengikuti madzhab Asy’ariyah.

Masa Sultan Shalahuddin al-Ayyubi dan Setelahnya

Demikian pula pada masa Sultan Shalahuddin al-Ayyubi rahimahullah (wafat tahun 589 H), ajaran Asy’ariyah semakin menyebar ke negeri-negeri Islam.

Al-Allamah Taqiyyuddin al-Maqrizi asy-Syafi’i rahimahullah (wafat tahun 845 H) berkata:
وأما العقائد فإن السلطان صلاح الدين حمل الكافة على عقيدة الشيخ أبي الحسن علي بن إسماعيل الأشعري تلميذ أبي علي الجبائيّ وشرط ذلك في أوقافه التي بديار مصر كالمدرسة الناصرية والقمحية وخانقاه سعيد السعداء في القاهرة فاستمر الحال عليها بمصر والشام وارض الحجاز واليمن والمغرب أيضا لإدخال محمد بن تومرت رأي الأشعري إليها حتى أنه صار هذا الإعتقاد بسائر هذه البلاد، بحيث أن من خالفه ضرب عنقه، والأمر على ذلك إلى اليوم
“Adapun dalam masalah akidah, maka Sultan Shalahuddin al-Ayyubi juga mendorong semua masyarakat untuk memeluk akidah Syaikh Abul Hasan al-Asy’ari, murid Abu Ali al-Juba’i dan mempersyaratkan demikian (untuk dimakmurkan oleh ulama Asy’ariyah, pen) dalam wakaf-wakafnya di negeri Mesir seperti Madrasah Nashiriyah, Madrasah Qamhiyah dan Khanqah (seperti pesantren, pen) Sa’id Su’ada’ di Kairo. Keadaan demikian terus berlangsung di Mesir, Syam, Hijaz, Yaman dan Maghrib juga, karena usaha Muhammad bin Tumur memasukkan pemahaman Asy’ariyah di negeri tersebut. Sehingga keyakinan Asy’ariyah ini menyebar di semua negeri, dengan gambaran bahwa barangsiapa yang menyelisihi keyakinan ini, maka lehernya akan dipenggal. Keadaan ini berlangsung sampai hari ini (masa al-Maqrizi, pen).” (Al-Mawa’izh wal I’tibar: 3/84).

Demikianlah keadaan Madzhab Asy’ariyah yang menguasai semua negeri Islam melalui kekuasaan dan campur tangan pemerintah. Al-Allamah al-Maqrizi asy-Syafi’i rahimahullah menyatakan:
فكان هذا هو السبب في اشتهار مذهب الأشعريّ وانتشاره في أمصار الإسلام، بحيث نُسي غيره من المذاهب، وجهل حتى لم يبق اليوم مذهب يخالفه، إلاّ أن يكون مذهب الحنابلة أتباع الإمام أبي عبد اللّه أحمد بن محمد بن حنبل رضي اللّه عنه، فإنهم كانوا على ماكان عليه السلف، لايرون تأويل ماورد من الصفات، إلى أن كان بعد السبعمائة من سني الهجرة، اشتهر بدمشق وأعمالها تقي الدين أبو العباس أحمد بن عبد الحليم بن عبد السلام بن تيمية الحرّانيّ،فتصدّى للانتصار لمذهب السلف وبالغ في الردّ على مذهب الأشاعرة
“Maka dengan sebab pengaruh kekuasaan inilah, Madzhab Asy’ariyah menjadi terkenal dan tersebar di seluruh negeri kaum muslimin, dengan gambaran terlupakannya dan tidak tersisanya selain madzhab ini, kecuali Madzhab Hanabilah pengikut al-Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah. Maka mereka (Hanabilah) tetap memegang teguh Manhaj Salaf. Mereka tidak melakukan takwil terhadap sifat-sifat Allah. Hingga sampailah pada tahun 700-an hijriyah, terkenallah di Damaskus dan sekitarnya Syaikhul Islam Taqiyuddin Abul Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin Abdus Salam bin Taimiyah al-Harrani (yakni Ibnu Taimiyah). Beliau tampil untuk membela Madzhab Salaf dan getol membantah Madzhab Asy’ariyah..dst.” (Al-Mawa’izh wal I’tibar: 3/104).

Sehingga akidah Salaf menjadi semakin asing dan tidak dikenal dari kalangan kaum muslimin.

Perkembangan Asy'ariyah juga ditengah tengah peperangan antara kaum muslimin dengan tentara mongol, juga perang sabil dengan Nasrani dalam masa masa itu, sehingga tenaga dan pikiran umat islam mengarahkan menghadapi musuh, sehingga wajar perkembangan Asy'ariyah yang mengklaim sebagai Ahlussunnah belum banyak meneliti secara mendalam, sampai munculnya Ibnu Taimiyah.

Wallahul musta’an.


Bacaan Lainnya 




https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/ulama-syafiiyah-asyariyah-ternyata.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/akhir-kehidupan-pengikut-asyariyah-yang.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/sebelum-abbasiyah-runtuh-asyariyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/debat-syafiiyah-wahabi-vs-syafiiyah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/penilaian-ibnus-subki-rohimahumullah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dalil-lemah-asyariyah-dan-tuduhan-salah.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/dahulu-manhaj-salaf-dikenal-dengan.html


https://maktabahabufateema.blogspot.com/2020/11/tersingkirnya-peran-ulama-syafiiyah.html



1 komentar:

  1. Casino site - Lucky Club
    Casino site, play and win at the best online casino in India! Lucky Club offers luckyclub hundreds of slots, table games and more! Rating: 5 · ‎2 votes · ‎Free · ‎Game

    BalasHapus